Langsung ke konten utama

ASUS ZenBook UX410UQ: Laptop Untuk Anda yang Mobile dan Produktif

ASUS baru saja mengeluarkan produk laptop ultrabook mereka, yaitu adalah ASUS ZenBook UX410UQ. Seri ZenBook ini ditujukan untuk pengguna yang mobile dan produktif, karena laptop yang satu ini memiliki desain yang tipis, ringan untuk dibawa-bawa, daya tahan baterai yang awet, dan juga spesifikasi yang memumpuni. Penasaran seperti apa spesifikasi ASUS ZenBook UX410UQ, mari kita ulas.

Desain

Kesan pertama yang ada ketika melihat laptop ASUS ZenBook UX410UQ adalah tipis, laptop ini memiliki ketebalan hanya 18.95 mm saja, ini sangat tipis sekali sob dibandingan dengan laptop biasanya yang memiliki rata-rata ketebalan lebih dari 30 mm.
ASUS ZenBook UX410UQ
Selain tipis laptop yang satu ini juga sangat ringan, bobot laptop ini hanya 1,4 kg saja yang mana kalau laptop biasa rata-rata berbobot lebih dari 2 kg sob. 

Tentunya dengan desain yang tipis dan bobot yang sangat ringan meningkatkan portabilitas laptop ini ketika anda bawa kemana-mana.

Body laptop ini juga menggunakan bahan alumunium (tidak plastik) baik di atas, bawah, dan bagian dalam yang membuat laptop satu ini terkesan mewah, sangat kokoh dan solid. Ditambah lagi bagian backcover depan yang diberi motif melingkar yang membuat laptop ini berkilau-kilau dan tentunya menambah ketampan laptop ini.
ASUS ZenBook UX410UQ
Bicara masalah ketampan laptop yang satu ini ada satu hal yang paling saya sukai dan sangat jarang anda jumpai dilaptop-laptop merk lain lain bezel layar yang tipis

A: Bezel yang tipis?

B: Iya bro bezel yang tipis, sekarang gak cuma smartphone aja yang bezelnya tipis. Laptop ASUS ZenBook UX410UQ ini bezelnya juga tipis dan kece parah.

Mau lihat kenampakannya?

ASUS ZenBook UX410UQ
Selain itu keyboard laptop ini juga sudah dilengkapi backlight sehingga cocok untuk digunakan mengetik ditempat yang gelap. Tingkat kecerahan backlight keyboardnya pun bisa diatur.
ASUS ZenBook UX410UQ

Hardware

Bicara masalah jeroannya laptop ZenBook UX410UQ ini memiliki spesifikasi yang cukup memumpuni, lebih dari kata cukup untuk melakukan semua tugas anda mulai dari hal yang sederhana seperti mengetik, dan browsing hingga yang berat-berat seperti editing video dan bermain game. 

Laptop ini diotaki dengan Processor generasi ke-7 a.k.a Kabylake (yang merupakan generasi terbaru processor intel sejak artikel ini ditulis) Intel Core i7 7500U dengan kecepatan hingga 3.5 GHz.

Memori atau RAM 8 GB (up to 16 GB) DDR4 dengan frekuensi 2133 MHz dan jika anda ingin mengupgrade atau menambah lagi kapasitas ramnya masih bisa karena tersedia 1 slot kosong untuk ekspansi.

Grafis, dengan kartu grafis dedicated NVIDIA® GeForce® 940MX VRAM 2 GB. Dengan menggunakan kartu grafis yang dedicated dari NVIDIA GT 940MX ini akan meningkatkan performa grafis ketika gaming, dan juga bisa mempercepat foto dan video editing.

Penyimpanan, laptop ini menggunakan 2 jenis penyimpan yaitu hardisk (HDD) sebesar 1 TB dan solid state disk (SSD) sebesar 128 GB. Yang mana SSD yang memiliki kecepatan tinggi digunakan untuk sistem windows dan program (local disk c) sehingga proses booting cepat, buka aplikasi cepat, proses preview saat editing cepat, dan proses load gamepun juga cepat. Dan Hardisk berkapasitas 1 Terabyte atau 1000 Gigabytes ini digunakan untuk menyimpan data-data anda. Kombinasi yang pas bukan?

Layar

Untuk anda yang berkerja dibidang seni grafis dan video yang bermain-main dengan warna tentunya memilih laptop dengan kualitas layar yang baik wajib hukumnya, mulai dari ketajaman harus oke, reproduksi warna yang akurat hingga viewing angle yang baik.
ASUS ZenBook UX410UQ
Untuk laptop ZenBook UX410UQ ini bisa di katakan memiliki layar sangat baik. Memiliki bentang layar 14 inci dengan resolusi Full HD (1920x1080) membuat gambar yang ditampilkan layar laptop ini sangat tajam dengan kerapatan pixel 276 per inci. Detail gambar yang dihasilkan akan sangat terasa sekali saat anda gunakan untuk membaca teks.
ASUS ZenBook UX410UQ

Layar ZenBook UX410UQ ini menggunakan panel IPS yang terkenal dengan reproduksi warna yang akurat dan viewing angle yang baik. Dan benar sekali layar laptop yang satu ini memiliki NTSC color range hingga 72%, 100 % sRGB, dan viewing angle hingga 178° jadi tidak perlu diragukan lagi keakurasi layar laptop ini.

Layar laptop ini juga berbezel yang tipis hanya 6 mm yang membuat laptop dengan layar 14 inci ini memiliki ukuran tidak lebih besar dari laptop 13 inci lainnya.

Selain itu ada juga dukungan teknologi ASUS Splendid pada layar, dengan fitur ini memungkin anda menganti pengaturan profil warna layar laptop sesuai kebutuhan.
Ada 4 macam mode: Normal Mode (mode default, gunakan mode ini untuk menghasilkan warna layar yang akurat), Eyecare Mode (menggurangi pacaran cahaya biru hingga 30% pada layar laptop, dengan mode ini mata tidak akan cepat lelah akan tetapi akurasi warna sedikit berkurang karena layar akan kekuningan), Vivid Mode (mode ini menambah tingkat saturasi dan vibrance layar sehingga warna yang dihasilkan layar lebih gonjreng), Manual Mode (anda bisa mengatur secara manual temperatur layar anda mau warm atau cool).
ASUS ZenBook UX410UQ
Anda bisa profil warna layar sesuai kebutuhan, misal saya saat sedang desain grafis dan editing video (color corection dan color grading) maka saya butuh keakurasian warna maka saya pilih normal mode. , saat saya sedang ngoding atau nulis artikel yang mana tidak berhubungan dengan warna hanya teks sampe berjam-jam maka saya lebih baik pakai Eyecare karena mata saya akan lebih aman dari cahaya biru, dan tidak cepat lelah. , saat saya sedang melihat-lihat foto atau menonton sebuah video maka lebih enak dengan mode vivid karena warna yang dihasilkan lebih gonjreng. , sedang manual mode bisa anda pakai jika anda mau membuat profil warna yang sesuai kebutuhan anda sendiri yang tidak ada di 3 mode sebelumnnya.

Konektifitas Lengkap

Tidak seperti merk sebelah yang membuat laptop tipis tapi dengan mengorbankan minimnya port konektifitas.

ASUS ZenBook UX410UQ ini memiliki konektifitas yang lengkap mulai dari port USB 2.0, port USB 3.0, port USB type-C, port HDMI, slot SD Card dan port audio jack 3.5 mm
ASUS ZenBook UX410UQ

ASUS ZenBook UX410UQ

Selain port koneksifitas yang lengkap laptop ini juga didukung konektifitas lainnya seperti Wi-Fi AC, dan Bluetooth 4.1. Sekedar info buat yang belum tahu Wi-Fi 802.11ac ini merupakan teknologi Wi-Fi terbaru yang memiliki kecepatan 2.8 kali lebih cepat dibanding Wi-Fi generasi sebelumnya yaitu 802.11 b/g/n. Padahal laptop sekarang masih jarang yang menggunakan Wi-Fi AC kebanyakan masih Wi-Fi b/g/n ini artinya laptop ZenBook UX410UQ ini sudah kekinian.

Touchpad Terbaik dan Ada Fingerprint

Touchpad laptop ini memiliki touchpad dengan sensifitas yang baik dan presisi, mungkin anda tidak perlu menggunakan mouse tambahan untuk nyaman menggerakan pointernya. Hal ini dikarenakan touchpad pada laptop ini dilapisi kaca presisi dengan teknologi yang dikembangkan eksklusif pada layar sentuh smartphone. Selain itu touchpad ini juga ditambah dengan teknologi Smart Gesture dari asus yang berguna kita berkerja dengan optimal meskipun tidak menggunakan mouse tambahan.
Fitur ini memanfaatkan hingga 3 jari kita, fungsi dan cara kerja seperti ini.
One Finger :
Select - Tap to Select.
Active - Double tap to active.
Drag - Double tap and hold then drag.
Two Finger :
Show Pop Up menu - Tap to show pop up menu.
Scroll - Swipe horizontally or vertically.
zoom - pinch to zoom in/out.
Rotate - Rotate two fingers clockwise or counter clockwise.
Three Finger :
Navigasi page - Swipe left or right.
Show Navigate and Running applications view - swipe up.
Show Desktop - swipe down.
ASUS ZenBook UX410UQ
Fingerprint jangan hanya kira smartphone canggih saja yang bisa menggunakan sistem keamanan fingerprint ini. Tentunya dengan adanya fingerprint sensor pada laptop ini menambah keamanan dan kemudahan dalam unlock layar hanya perlu dengan menaruh jari kita pada posisi fingerprint ditouchpad layar sudah terunlock tanpa perlu repot ketik password dan mikir password kalau lupa.

Audio Mantap

ASUS ZenBook UX410UQ
ASUS berkerjama sama dengan Harman Kardon, Harman Kardon sendiri merupakan perusahan/merk brand audio terkemuka didunia dan legendaris karena kualitasnya yang baik. Untuk anda yang pengemar musik mungkin sudah tidak asing lagi dengan merk yang satu ini.
Speaker Harman Kardon + teknologi ASUS SonicMasterEargasm.

Sistem Operasi

Asus ZenBook UX410UQ ini menggunakan sistem operasi terbaru dari Windows yaitu Windows 10, tentunya Windows 10 ini menawarkan fitur baru dan peningkatan performa yang lebih baik dari versi Windows sebelumnya.

Berikut ini adalah spesifikasi lengkapnya:

Processor Intel® Core™ i7 7500U Processor (4M Cache, up to 3.50 GHz)
Sistem Operasi Windows 10 Home
Memori8 GB DDR4 2133MHz SDRAM Onboard Memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion
Penyimpanan 1 TB 5400RPM SATA HDD & 128GB SATA3 M.2 SSD
Display 14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 72% NTSC with 178˚ wide-viewing angle display
Grafis NVIDIA GeForce 940MX , with 2GB GDDR3 VRAM
Input/Output 2 x USB 2.0, 1 x USB 3.0, 1 x USB 3.1 Type-C (gen 1), 1 x Headphone-out & Audio-in Combo Jack, 1 x HDMI
Keyboard Chiclet keyboard
Optional Illuminated Chiclet Keyboard is available
WebCam HD Web Camera
Konektifitas 802.11ac+Bluetooth 4.1 (Dual band) 2*2
Audio Support Windows 10 Cortana, ASUS SonicMaster Technology
Baterai 3 Cells 48 Whrs Battery
Dimensi 323 x 223 x 18.95 cm (WxDxH)
Berat 1.45Kg with Battery
Warna Rose Gold, Quartz Grey
Aksesoris Sleeve + USB3.0 to RJ45 cable + HDMI to VGA cable
Harga Rp15.799.000
Garansi 2 tahun garansi global

Kesimpulannya apakah ultrabook ASUS ZenBook UX410UQ ini layak dibeli? Sangat layak dibeli. Desain yang keren, sangat tipis dan ringan sehingga enak dibawa-bawa, build quality oke, spesifikasi memumpuni, baterai yang awet hingga layar yang sangat baik. Laptop ini cocok untuk anda pelajar/pekerja dalam bidang grafis, video, programmer, penulis (bisa blogger) yang merupakan Content Creator. Intinya disini adalah Creator & ASUS ZenBook adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Sekian ulasan dari saya tentang ASUS ZenBook UX410UQ, semoga bisa bermanfaat. Sampai jumpai di artikel selanjutnya.

Bonus!!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Mode Kamera DSLR

Mode pada kamera DSLR bisa kita ubah sesuai kebutuhan, secara garis besar dari semua mode yang disediakan terbagi menjadi 3 kategori full manual, semi-auto, dan full auto. Kita bisa mengubah mode kamera yang akan digunakan dengan memutar mode dial pada kamera perhatikan penunjuknya juga. Mode Kamera Nikon Mode Kamera Canon Dial mode kamera Canon dan Nikon sedikit berbeda tapi sama. Full Manual Manual  Mode ini ditandai dengan ikon huruf M. Pada mode ini kita mengatur manual semua settingan kamerannya mulai dari bukaan lensa (aperture), shutter speed, iso, dan white balance. Untuk bisa menggunakan mode ini anda harus tahu triangle exposure. Semi-auto Av atau A (Aperture priority) Pada mode ini anda cukup mengatur aperture atau bukaan lensa, maka secara otomatis kamera menyesuaikan settingan shutter speed dan isonya tanpa perlu diatur lagi. Misal mau ngambil foto yang bokeh (foto yang objeknya fokus dan belakangnya atau backgroundnya ngeblur) ya tingga

Cara Mengganti Lensa Kamera DSLR

Ada banyak sekali jenis lensa pada kamera DSLR, dimana setiap jenis lensa ini memiliki fungsi tersendiri sesuai. Karakteristik hasil tangkapan gambar tiap jenis lensapun berbeda. Nah pada kali ini kita akan belajar bersama cara untuk menganti lensa kamera anda, mungkin lensa bawaan kamera anda (lensa kit) mau anda ganti dengan lensa tele yang akan anda gunakan untuk menfoto objek yang jauh seperti burung, dll. Ini merupakan salah satu kelebihan kamera DSLR yang mana lensanya bisa anda ganti sesuai dengan kebutuhan. Langkah-Langkah Mengganti Lensa Kamera DSLR Pastikan tempat anda menganti lensa adalah tempat yang bersih dari debu, kotoran, angin, dan air yang beresiko bisa masuk ke sensor kamera. Ruangan yang tertutup, bebas dari debu, kotoran, angin dan air. Matikan kamera. Pada saat kamera dalam keadaaan menyala dan mengaktifkan preview gambar di lcd maka mirror didepan sensor akan terbuka terus dan sensor akan terlihat ini membuat resiko sensor kamera terkena kotoran. Apalagi di

Mengenal Mode Manual Kamera Konsep Triangle Exposure

Dalam mode manual pada kamera DSLR kita sebagai pengguna akan menggatur semuanya secara manual seperti ISO, Shutter Speed, dan Apperture. Untuk bisa menggatur ketiga elemen tadi anda harus memahami konsep triangle exposure (Apperture, Shutter Speed, dan ISO). Kenapa harus mempelajari konsep triangle exposure? jawabannya agar foto yang anda hasilnya tidak overexposure (terlalu terang) dan tidak underexposure (terlalu gelap), foto yang dihasilkan pencahaayaannya pas. Mungkin ada yang bertanya, kalau cuma untuk menghasilkan foto dengan pencahayaan yang pas ngapai repot-repot pakai mode manual? pakai auto kan bisa. Saya jawab: dengan mode manual ini kita bisa menyetting semuanya secara manual, kita bisa menghasilkan foto seperti apa yang kita inginkan. Penggunaan mode manual ini digunakan untuk anda yang ingin belajar teknik-teknik fotografi seperti; dof sempit, frezee, panning, zooming, dll. Apperture apperture atau bukaan diafragma lensa biasanya dikamera ditandai dengan f/angka.